Minggu, 11 September 2016

KEBERADAAN RUH SETELAH MENINGGAL

Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati, tapi yang jadi pertanyaan besarnya "DIMANAKAH KEBERADAAN RUH-RUH ORANG YANG SUDAH MATI???" ini menjadi pertanyaan semua orang. Karena memang pada dasarnya orang yang telah mati tidak bisa hidup kembali untuk berbagi cerita pengalamannya.

Pernah Nabi Muhammad bercerita dengan para sahabat dalam mi'rajnya, ketika beliau menginjakan kakinya dilangit pertama sampai kelangit yang ketujuh, Nabi bersabda :

Ketika aku tiba dilangit pertama aku disambut oleh para malaikat, mereka berbaris seperti pasukan dan memberi hormat kepadaku.

Aku diiringi oleh Jibril terus menuju pintu masuk. Disitu oleh malaikat penjaga pintu diperiksa. Jibril dan aku ditanya apakah sudah ada izin dari Tuhan? Jibril menjawab "Ya". Kami dipersilahkan masuk. Seketika kami masuk aku melihat seorang laki-laki duduk dikursi dikerumuni orang banyak, yang baru saja datang ketika itu.  Kemudian mereka pergi lalu datang rombongan yang lain datang mengerumuni orang itu juga. Aku bertanya "Siapakah dia dan siapakah mereka itu?"

Jibril berkata "Itulah Nabi Adam dan rombongan arwah anak cucunya yang sedang menghadap beliau disaat itu"
Kemudian Jibril memperkenalkan aku "Inilah Muhammad, nabi akhir zaman atas perintatah dan kehendak Allah, ia berkesempatan datang ketempat ini"
Kemudian nabi Adam menjabat tanganku setelah aku mengucapkan salam. Kata nabi Adam "Selamat datang anak yang shalih dan nabi yang shalih"

Aku lihat nabi Adam duduk dikursi yang indah serta memakai pakaian kebesaran laksana seorang raja. Seketika aku akan meneruskan perjalananku, beliau tidak lupa mendo'akan untukku.

Setelah aku meninggalkan Adam Jibril menerangkan "Ruh-ruh yang masuk kepintu sebelah kanan Adam, itulah mereka yang akan masuk syurga. Selagi pintu itu terbuka, tercium bau harum dari pintu itu. Dan mereka yang masuk kepintu sebelah kirinya, itulah ruh-ruh anak cucu Adam yang akan masuk ke neraka. Maka ketika pintu itu terbuka maka tercium bau busuk dari situ"

Kemudian aku meneruskan kelangit yang kedua, aku bertemu disitu dengan nabi Isa bin Maryam. Kelihatan badannya segar bugar seperti orang yang habis mandi. Disitu aku melihat ruh nabi Yahya dan nabi Zakariya, dan ruh-ruh umatnya.

Dilangit ketiga aku melihat nabi Yusuf dan ruh para umatnya. Dilangit keempat bertemu dengan nabi Idris dan para umatnya. Dilangit kelima bertemu dengan nabi Harun dan para umatnya. Dilangit keenam aku bertemu dengan nabi Musa dan para umatnya. Maka atas usul nabi Musa ini shalat yang tadinya 50waktu menjadi lima waktu.

Dan yang terakhir dilangit yang ketujuh aku bertemu dengan nabi Ibrahim.
Demikian keterangan Nabi Muhammad. Kesimpulan daripada ini ruh nabi-nabi dan ruh para umat yang telah meninggal dunia berada dilangit-langit itu. Jelasnya Ruh-ruh itu berwujud manusia juga sebagaimana tubuh kasarnya didunia.


Mungkin banyak para ulama dan filosof yang berbeda pendapat tentang keberadaan ruh setelah meninggal. Yang pasti hanya orang telah meninggal yang mengetahui keberadaan ruh sebenarnya, dan kita tinggal menunggu dengan sabar giliran kita kapan untuk menyusul saudara-saudara kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar