Minggu, 11 September 2016

SIAPA YANG MERASAKAN AZAB KUBUR

Tentu ini menjadi pertanyaan yang paing sering timbul kala kita sedang teringat dengan kematian.
Sebenarnya yang merasakan azab kubur itu siapa sih? Ruh atau jasad kasar kita? kalau emang Ruh kenapa sih kita bisa merasakan sakit? sedangkan ruh adalah makhluk halus???
Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan manusia yang tidak akan terpecahkan samapi kapan pun. Karena memang pada dasarnya manusia mempunyai batas kemampuan dalam berfikir.



Didalam islam menerangkan bahwa setiap-setiap ruh yang mati atau ruh yang sudah dicabut arwahnya oleh malaikat maut. Ruh itu akan kembali dibawa kehadirat Allah dan ruh-ruh itu ditempatkan dilangit-langit tertentu. Dan tinggal jasadnya yang berada didalam tanah. Dan jasad ini tidak berfungsi apa-apalagi, dia sudah kembali kepada asalnya dengan wujud tanah, Asalnya mati kembali kepada mati,

Secara aqliah dan ilmiah memang sudah tidak berfungsi lagi. Ibarat batu batery yang tidak bermagnet lagi. Jika demikian, siapakah yang merasakan nikmat kubur atas siksanya? dan siapakah yang menjawab pertanyaan munkan dan nakir? bagaimana orang yang mati didalam laut? mati diamakan ikan, ditelan ular, mati terbakar dan sebagainya?

Untuk menjawab pertanyaan ini kita selidiki kembali keadaan tubuh halus manusia. Badan kasar yakni terdiri dari  darah daging kulit dan tulang. Tulang itu dibungkus dengan daging, pada daging itu mengalir darah, dan daging ini dibungkus dengan kulit. Dan didalam tubuh yang kasar itu ada beberapa macam tubuh halus yang masing-masing bekerja pada fungsinya sendiri-sendiri.


  1. Ruh untuk menghidupkan tubuh kasar
  2. Rawan untuk mengkhayal
  3. Akal untuk berfikir
  4. Hawa budi rasa
  5. Nafsu iradat jiwa
  6. Malaikat hafazah. ruhani yang baik
  7. Syetan ruhani jahat, untuk menimbulkan amarah.
Selagi manusia hidup dia mempunyai hawa nafsu.

Sekarang mari kita kembali membicarakan orang mati. Kita lihat dia sudah mati dan sudah dikubur didalam tanah. Apakah kita tahu ahli kubur itu sedang mengalami siksa atau nikmat kubur? Kita cuma bisa mengatakan orang yang beriman dan beramal shalih akan mendapatkan nikmat kubur.

Sebagai contoh kita melihat orang sedeng tidur, yang kita lihat dadanya naik turun, dengan nafasnya keluar dan masuk mengisap udara. Dapatkah kita mengetahui yang sedang tidur mendapatkan mimpi yang senang atau susah? Tidak!

Yang jelas kita lihat dia sedang tidur. Apakah yang dirasakan oleh tubuh halusnya dalam mimpinya itu? Kita baru akan tahu apa yang dirasakan dalam mimpinya setelah ia menceritakan kepada kita. 

Demikian pulalah orang yang mati, meskipun badan kasarnya telah musnah menjadi tanah, atau hancur terbakar api, atau dimakan binatang buas, akan tetapi jiwa atau rasanya masih tetap hidup, tidak mati selamanya. Begitulah tuhan menciptakan ruh selama-lamanya.


1 komentar:

  1. youtube.com (new) - YouTube (videosl.cc)
    youtube.com (new) - YouTube (videosl.cc) is the best online resource for you to youtube converter learn about how and why youtube.com is top of the line for

    BalasHapus